Monday, November 28, 2011

Don't See Book From Its Cover

Suatu Statement "Don't See Book From It's Cover" itu mengajarkan kita untuk jangan melihat orang dari fisik orang itu tapi lihat dari dalam orang itu. Tapi sering kali kita selalu menjudge orang sebelum kita melihat dan mengenal orang itu secara dalam. Apakah kalian setuju dengan saya?

Suatu hari muncul seorang wanita yang tidak kenal masuk ke panggung acara lomba nyanyi yang bisa dilihat oleh seuruh dunia. Wanita itu sudah tua dan berusia kepala empat atau mungkin kepala lima, badannya gendut, alisnya tebal, sikapnya lucu dan dandannya amat sederhana. Jika kalian yang jadi penonton acara lomba nyanyi itu, apa yang akan kalian komenin setelah melihat wanita itu masuk ke panggung dan nyanyi? Pasti banyak dari penonton akan mengatakan, "kok badak bisa nyanyi?" atau komen komen yang jelek yang akan keluar dari mulut si penonton.

Tapi kenyataannya, dua minggu sejak wanita itu tampil dalam suatu audisi reality show yang bernama "Britain's Got Talent", nama wanita itu langsung terkenal dan menjadi buah bibir dan artikel artikel atau berita berita tentang dia menghiasi puluhan media baik cetak ataupun elektronik dan bahkan surat kabar "The Washington Post" bahkan menurunkan tulisan cukup panjang tentang wanita itu yang berusia 47 tahun pada saat itu. Dan sebuah video yang diupload di Youtube mencetak sampai lebih dari ratusan juta pengunjung. Luar biasa kan?

Pasti penasaran siapa wanita itu. Nama wanita itu adalah Susan Boyle. Susan Boyle? Siapa dia? Mungkin banyak dari kita tidak mengetahui siapa wanita itu. Tapi pada saat pertama dia tampil di panggung dan seluruh penonton di gedung itu mendengarkan suara dia, banyak media elektronik seperti ABC News, CNN, CBS sampai berlomba lomba berebut untuk mewawancari wanita yang terbilang sederhana dan jelek itu. Dari wawancara yang didapati dari media media itu, diketahui bahwa Susan bukan seorang penyanyi yang bagus suaranya sebelumnya, bahkan sebelum dia tampil tidak ada yang mengenal dia. Menurut laporan CBS pada saat itu yang meliput langsung dari tempat tinggalnya Susan yang berada di Blackburn Skotlandia dan mendapatkan kesimpulan bahwa dia adalah sosok wanita yang sederhana yang cuma aktif melayani dalam kegiatan di Gereja.

Inilah biodata dikit tentang si Susan. Susan lahir di West Lothian, Blackburn, Skotlandia pada tanggal 15 Juni 1961. Dia anak bungsu dari 10 bersaudara, empat saudara laki laki dan lima saudara perempuan. Dia dilahirkan ketika ibunya berusia 47 tahun. Ayahnya adalah seorang pekerja pabrik dan ibunya adalah seorang pengetik steno. Keluarga Boyle bukan sebuah keluarga yang berada dan apalagi harus membesarkan anak yang berjumlah sepuluh orang.

Ibunya, Brigdet Boyle meninggal dunia pada tahun 2007 dan meninggal pada usia 91 tahun karena sakit. Selama bertahun tahun Susan sendiri yang merawat ibunya karena saudara saudaranya telah meninggalkan rumah untuk menjalani hidup masing masing dan ayahnya sudah meninggal lebih dahulu pada tahun 90-an.

Susan sampai sekarang ini masih tinggal di rumah keluarganya yang terdiri dari empat kamar tidur dan sehari hari susan hanya ditemani oleh kucing kesayangan yang bernama Pebbles yang berusia 10 tahun. Susan tidak bekerja, kegiatan dia hanya aktif di kegiatan Gereja di Whitburn, Blackburn. Ternyata si Susan mengaku bahwa dia belum pernah dicium oleh laki laki dan dia juga mengaku dia sering ikut berbagai lomba nyanyi, tapi selalu gagal. Tapi semasa ibunya masih hidup, ibunya selalu mendukung Susan untuk mengikuti berbagai lomba menyanyi karena ibunya yakin suatu hari Susan bisa tampil di atas panggung dan memenangkan suatu perlombaan nyanyi.

Satu satunya olah vokal Susan yang sempat direkam adalah ketika dia menyanyikan lagu "Cry Me A River" dalam album rekaman untuk amal tahun 1999. Lomba menyanyi yang pernah dikuti oleh Susan adalah acaranya Michael Barrymore “My Kind of People”. Susan mengakui saat itu dirinya belum siap dan tak mampu mencuri perhatian juri. Guru vokalnya, Fre O'Neil megatakan susan pernah ingin ikut acara music "The X Factor" tapi dia mengurungkan niatnya untuk mengikuti acara itu. Karena dari diri susan, dia menganggap acara itu selalu mementingkan tampilan fisik daripada kualitas vokal

Bahkan ketika Susan mendaftar di Britain Got Talent. Suatu perasaan pesimis yang ada di dalam Susan itu masih tertanam dan dia sempat berencana membatalkan keikutsertaan dia. Dalam suatu wawancara dengan The Scotsman, Fred O'Neil mengatakan Susan pernah menelepon Fred dan mengatakan dirinya sudah terlalu tua banget untuk mengikuti acara audisi di Britain Got Talent.

Pada tanggal 11 April 2009, Susan mengikuti Audisi "Britain Got Talent" adalah suatu langkah pertama bagi Susan untuk meraih cita citanya menjadi seorang penyanyi. Di depan para juri termasuk Simon Cowell yang merupakan mantan juru American Idol yang terkenal dengan komentar komentar yang kerap dan pedas yang selalu membuat peserta menjadi grogi dan ternyata pada saat itu, Susan tampil menawan.

Hari itu Susan memakai blus yang sangat sederhana dan kampungan banget dengan warna krem dengan potongan rambut yang juga sederhana, Susan tampil memukau. Lagu yang dinyanyikan adalah lagu "I Dreamed A Dream" dari kisah drama klasik Les Misarables dan dinyanyikan begitu bening

Simon Cowell yang diawal sebelum Susan menyanyi sempat menyindir Susan dengan kalimat yang sudah diterjemahkan ke bahasa indonesia "Kemana saja kamu selama ini baru ikutan acara seperti ini?” danakhirnya terprerangah ketika mendengar kualitas suaranya Susan.

Di akhir nyanyian, hampir semua penonton dan juri pun memberi standing ovation buat Susan dan bahkan dengan lugunya Susan langsung meninggalkan panggung sebelum dihentikan oleh para juri untuk mendapatkan komentar.

Meski pada saat itu perjalanan Susan masih jauh, tapi Susan bisa mampu meraih impiannya menjadi apa yang dicita citakan saat ini.


God Bless You and Keep Winning!!!!


SHARED BY
Al.Kira

3 comments:

  1. nice article.
    susan boyle - i dreamed a dream
    awalnya orang hanya melihat fisik/yang terlihat oleh mata tapi setelah mendengarnya.Amazing sampai Simon Cowell pun ikut tercengang melihatnya.sangat memukau,dan saya rasa Tuhan itu adil.

    ReplyDelete
  2. susan boyle :
    http://www.youtube.com/watch?v=wnmbJzH93NU
    Fantastic

    ReplyDelete
  3. Dia adalah Tuhan yang luar biasa, Tuhan Yesus tidak pernah meninggalkan umatnya yang percaya ama Dia walau sedetikpun

    ReplyDelete