Wednesday, November 30, 2011

Hidup Dengan Gaya Hidup Kerajaan Surga - INTRO

Banyak yang bertanya bagaimana caranya kita memiliki hidup yang seutuhnya dalam Kristus. Caranya adalah mengunakan sistem 3H (Heart – Head – Hand).

Proses 3H terdiri dari langkah langkah:
Mengubah – Memperbaharui – Memotivasi

Miliki cara hidup yang baik di antara bangsa bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya mereka dapat melihatnya dari perbuatan perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka (I Petrus 2:12)

1. H1 (Heart): Mengubah Hati
Proses pertama adalah harus di mulai dari hati

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan (Amsal 4:23)
Karena dari hati timbul segala pemikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat (Matius 15:19)

Hati adalah pusat atau sumber kehidupan. Apa yang terjadi di dalam kehidupan ini bersumber dari hati. Karena itu, untuk mengubah kehidupan, harus dimulai dengan mengubah hati terlebih dahulu.

2. H2 (Head): Memperbaharui Pikiran
Pusat kegerakan manusia adalah pikiran, termasuk pikiran bawah sadar. Karena itu, setelah hati kita berubah, harus dilanjutkan dengan pembaharuan pikiran.

Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran pikiranku (Mazmur 139:23)

Jangan kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna (Roma 12:2)

3. H3 (Hand): Memotivasi Tindakan
Proses selanjutnya akan menjadi sia sia jika tidak disertai dengan tindakan

Tetapi mula-mula aku memberitakan kepada orang-orang Yahudi di Damsyik, di Yerusalem dan di seluruh tanah Yudea, dan juga kepada bangsa-bangsa lain, bahwa mereka harus bertobat dan berbalik kepada Allah serta melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan pertobatan itu. (Kisah Para Rasul 26:20)

Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya. (Yakobus 1:25)

Karena itu, untuk mencapai proses hidup yang seutuhnya, Proses yang ketiga ini harus disertai dengan memotivasi tindakan

Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. (Ibrani 10:24)

Katanya kepada orang itu: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hamba yang baik; engkau telah setia dalam perkara kecil, karena itu terimalah kekuasaan atas sepuluh kota. (Lukas 19:17)

tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah." (Yohannes 3:21)

Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. (II Korintus 9:8)

Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita. (Kolose 3:17)

Supaya kita bisa mencapai hidup yang maksimal, kita harus menyentuh tiga proses ini. Dengan demikian, impartasi kehidupan Kristus akan terjadi di dalam hidup kita sehingga kita dapat menjadi pemimpin yang berhati Kristus, berpikiran Kristus dan bertindak melakukan pekerjaan baik di dalam Kristus.

Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. (Efesus 2:10)

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.  Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. (II Timotius 3:16-17)

Selama tujuh Minggu kedepan, kita akan membahas berberapa point tentang memiliki gaya kehidupan kerajaan Allah. Ini ada berberapa ciri ciri gaya kerajaan Allah yang akan dibahaskan selama tujuh minggu ke depan:
  1. Identitas dan Hubungan yang dipulihkan
  2. Diberkati oleh Kekudusan Nama Bapa
  3. Bersiap Memerintah Bersama Raja Kita
  4. Setia Menjadi Hamba Tuhan
  5. Andalkan Berkat Tuhan Setiap Hari
  6. Hidup Lebih Sehat dengan Membersihkan Hati
  7. Percaya akan Solusi dan Perlindungan Tuhan
  8. Mengangungkan dan Mengaminkan
Tapi sebelumnya, kita menggali dulu rahasia makna Doa Bapa Kami untuk memiliki Gaya hidup kerajaan Surga. Dunia tidak pernah bisa memberikan kepuasaan sejati bagi kita semua. Memang kita tahu dunia dapat menyediakan berbagai hal, seperti makanan, minuman, dan kebutuhan jasmaniah lainnya. Tetapi itu semua tidak bisa pernah dapat memuaskan manusia.

Ada tiga hal yang semakin terasa bagaikan barang langka yang di cari oleh dunia ini. Ketiga hal itu adalah kebenaran, damai sejahtaera dan sukacita sejati. Ketiganya itulah pencariaan tertinggi umat manusia dalam kehidupan ini

Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. (Roma 14:17)

Siapa yang puas dengan kemenangan sesaat dan tidak membutuhkan kebenaran atau ketenangan sesaat dan tidak membutuhkan damai sejahtera atau kesenangan atau kesenangan sesaat dan tidak membutuhkan sukacita sejati. Pertanyaan bagaimana kita bisa mendapatkan ketiga itu? Satu satu caranya adalah doa apa kami, sesungguhnya mengandung rahasia besar mengenai gaya hidup kerajaan surge. Sebuah gaya hidup yang penuh dengan kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Sebuah gaya hidup yang menikmati ketiga pencarian tertinggi umat manusia.

Hendaknya segala sesuatu kita lakukan dengan kesarana bahwa kehidupan kita ini menumpang kepada Tuhan (Mazmur 39:12) di kerajaan-Nya. Artinya kita harus meminta berkat dari-Nya. Kita tidak bisa hidup “semau gue”, tetapi harus hidup dengan Kingdom lifestyle

Kuasa atau kekuatan apapun yang kita miliki (uang, kuasa, dll) semuanya milik Tuhan. Menyadari hal itu, maka kita diminta untuk memberikan dan mengembalikan segala kemuliaan yang adalah milik-Nya.

God Bless You and Keep Winning


SHARED BY
Al.Kira


Source:
KINGDOM LIFESTYLE

No comments:

Post a Comment