Friday, April 15, 2011

Adilkah Tuhan?

Coba kita pikir, renungkan dan jawab sendiri aja dengan jujur...Menurut kamu apakah Tuhan itu adil?
Kalau kamu bilang adil, kenapa kamu bilang adil?
Kalau kamu bilang tidak adil, kenapa kamu bilang ga adil?

Pasti banyak dari kita akan mengatakan tidak adil. Terus supaya adil tuh harus bagaimana?
Dan ini jawaban yang paling banyak di jawab
1. Adil itu semuanya harus dapat sama rata
2. Adil itu kalau semuanya masuk surga
3. Adil itu kalau orang yang benar tapi ga percaya Yesus juga masuk surga. yang jahat masuk neraka

Buka Matius 25:14-30. Didalamnya menceritakan tentang Tuhan memberikan kita apa yang kita punya sekarang sesuai dengan kemampuan kita. Yang Dia kasih lebih bakal di tuntut lebih, yang dia percayain lebih punya tanggung jawab lebih.. sedangkan yang Dia kasih sedikit juga beda porsi tanggung jawabnya. Jadi jangan bilang Tuhan ga adil. Kenapa si A bisa kaya?? kenapa si B bisa jenius?? kenapa ada orang yang IQnya tinggi, ada yang di bawah rata rata, ada juga yang ga jelas bakatnya apa masih bingung bingung. Kenapa? Kalau adil kok beda beda??

Terus kita lihat satu ilustrasi di Alkitab tentang Petrus dan Paulus. Bukan maksudnya Petrus itu bodoh, tapi dua duanya di pakai Tuhan beda sama Tuhan. dua duanya di pake dashyat banget.. tapi beda. Petrus kan uneducated dan dia adalah seorang nelayan, jadi dia lebih cocok kalau menginjil ke kumpulan orang orang tertentu, beda dengan paulus yang menginjil ke orang orang yunani yang tingkat intelligencenya tinggi. kan ada orang orang yang seperto socrates plato gitu dari yunani. jadi yang Tuhan kasih kita, yang Dia anugerahin.. bisa kita pake, kalau kita mau.


Terus ada seseorang yang bernama Fanny Crosby, dia buta sejak umur enam minggu, dia hidup sampai umur 90 tahun. Tapi Dia berserah sama Tuhan. Dalam Hidupnya dia menulis 8000 lirik hymne, dia sampe akhir hidupnya masih bulang dia ga menyalahin Tuhan atau sedih karena dia buta.. tapi dia bilang dia senang, karena wajah pertama yang dia bakal lihat itu adalah wajah Bapa nanti di surga. Terus ada seorang perempuan yang lahir yang ga punya tangan.. tapi dia umur empat tahun, dia belajar merajut, habis itu dia belajar renang... umur 15 tahun dia masuk dalam world championship renang.. Walaupun dia ga seutuh kita, tapi dia masih bisa bertekun dan hidup dengan bergairah. Tuhan pake Dia

Kenapa kita yang punya tubuh lengkap tapi ga bisa??

Apalagi talenta.. Kalau Tuhan anugerahin talenta itu benar benar luar biasa.
1 Talenta kan sama dengan 6000 dinar. 1 Dinar itu sama dengan gaji pekerja satu hari.

Jadi coba kita bayangkan kalau kita punya 1 talenta saja. Entah itu nyanyi, dance, menyulam, main badminton, or maybe jadi programmer, etc. Kita tuh udah kaya banget!! Bayangin aja kalau kita kembangi talenta kita. Yang Tuhan anugerahin itu ga sia sia deh. Talenta itu bukan hak kita, tapi Anugerah dan hadiah dari Tuhan. Tuhan punya kasih dan dengan kasih ada yang namanya Keadilan... keadilan Tuhan beda sama keadilan di pikiran manusia. Kalau misalkan ada si M sudah kerja di perusahaan selama sepuluh tahun, si N cuma bekerja di perusahaan itu lima tahun, tapi bonus akhir yang si N dapatkan lebih besar dari si M. Menurut kamu itu adil tidak?? Kalau si N di kasih sih senang senang saha.. Tapi buat si M kan ga adil banget. Terus misalkan ada dua orang lagi ngebut nebut naik motor dan mengalami kecelakaan. Terus ada dokter lewat dan si dokter cuma bisa menolongin satu doank, yang satu meninggal dan satu lagi hidup. Itu adil tidak? kok Tuhan pilih pilih??

Banyak kan yang kita tidak mengerti. Pokoknya kalau kita percaya Tuhan itu baik, Tuhan itu penuh kasih, imanin kalau Tuhan itu adil juga. Gimana bisa mengasihi tanpa keadilan?? Di Alkitab dituliskan tentang kalau manusia yang jahat saja tahu kasih anak anaknya yang baik baik. Gimana Bapa kita yang di surga ga bisa?? Kan di tulis juga tidak mungkin kalau kita minta ikan sama Dia, Dia kasih kita ular. Kalai kita minta ikan, pasti Dia kasih kita ikan. Kalau kita minta ular, Dia juga pasti kasih ikan. Ga minta apa apa juga di kasih ikan. Semua yang baik Papa kasih buat kita.. tapi yang baik bukan berarti hidup kita mulus mulus saja. Kalau ada masalah, lewat masalah kalau kita bisa di bentuk jadi lebih baik, Tuhan kasih kok. Yang penting kita percayain hidup kita tidak??

Terus kan pasti banyak yang akan bertanya.. Kalau Tuhan itu adil, kenapa ada penyakit?? Kok ada kelaparan di satu bagian dunia tapi di bagian lainnya uang kita hambur hamburin banyak buat kesenangan. Kenapa ada koruptor yang tidak masuk penjara sedangkan yang curi ayam digebukin sampai babak belur, mending dia itu beneran maling, kalau salah orang?? adil tidak?? buat kira dari pandangan manusia pasti tidak adil. Terus kita mau apa?? cuman doa biar Tuhan perbaiki semua masalah kah?? Doa biar Tuhan jadi pelayan kita?? Suruh Tuhan lenyapkan semua penyakit, semua kesusakan.. angkat semuanya orang ke surga?? Jadi tebalik donk, kan kita hambanya dan Dia master kita. Kalau Dia mau, Dia sanggup!! tapi kenapa Dia ga ikut campur langsung?? tanya diri kita sendiri.. terus kenapa ada orang baik tapi cepat meninggal.. orang jahat merampok ini itu, tapi masih hidup dan sehat banget pula. Adil tidak??

Kalau kita bisa bilang tidak adil, kenapa kita cuma diam aja? Tuhan justru pengen tanya kita balik, Mau tidak kita jadi alat dia?? Mau tidak jadi misionaris Tuhan?? Kalau kita mau hilangin korupsi, kemiskinan, etc. Mau tidak kita mengambil langkah?? Kenapa kita cuam diam saja?? Apa yang kita punya, syukurilah.. yang Tuhan kasih di hidup kita, maksimalin buat tujuan Dia. Jangan iri dengan orang yang punya lebih karena tanggung jawab Dia sama Tuhan beda dari kita (With greater power comes greater responsibility). Tuhan bukan Tuhan yang suka maksa, Dia lemah lembut, Dia menunggu hati kita. Dia Raja, tapi Dia tidak command secara paksa. Dia ingin kita menerima Dia dan percaya Dia layaknya seperti Papa dan Anak. Hikmat Tuhan itu besar, kita ga bisa mengerti sepenuhnya. Manusia mikir pakai otak kecil manusia. Sejenius apapun manusia sampau punya tiga gelar profesor juga ga bkala mengerti rancangan Tuhan. Jadi percayalah kalau Tuhan itu adil. Tuhan itu kasih. Tuhan beri yang terbaik buat kita pada waktunya.

Ayo tentara Allah, kita adalah terang dan garam untuk orang lain. Jika kita ingin membuat perubahan, berani untuk mengikuti Tuhan Yesus di setiap langkah. Kalau kita suatu hari di kasih kepercayaan sama Tuhan buat jadi orang yang posisinya di atas, selalu pegang prinsip kamu. Jangan yang sekarang anti korupsi.. tapi pas sudah di atas lupa sama Tuhan dan di butakan sama Mamon, Korupsi juga akhirnya. Jadi kalau kita bisa RAISE ISSUES AND QUESTIONS.. BE RESPONSIBLE PLEASE, FIND THE SOLUTIONS AND ACT FOR IT.


WRITTEN BY
-blossom-

No comments:

Post a Comment