Monday, April 11, 2011

Ketika Saya Merasa Tiada Jalan Lagi

Pernah tidak, ketika kita sedang dalam masalah.. Kita merasa tidak ada jalan yang terbuka untuk kita?
Pernah tidak, ketika kita sedang dalam masalah.. Kita selalu ingin menerobos pintu yang tertutup dengan kekuatan kita sendiri?

Inilah yang terjadi pada saya di tahun 2009 sampai dengan tahun 2010. Singkat cerita saya harus menganggur selama hampir 1 tahun. Saya bergumul dengan hati nurani dan saya benar benar putus asa pada saat itu, karena saya merasa tiada jalan yang terbuka buat saya. Pada saat itu, yang saya lakukan hanya mengeluh pada Tuhan dan meminta pembuktian dari  janji janji Tuhan. Tapi Tuhan tetap menyuruh aku untuk menunggu.

Saya tetap sabar menunggu. Tapi sebagai manusia, kita pasti ada kesabaran untuk menunggu. Itu juga yang terjadi pada saya sendiri. Sampai akhir bulan 3, saya lelah menunggu dan pernah terpikir bahwa Tuhan itu tidak ada dan Dia tidak mampu untuk membantu saya untuk mendapatkan kerjaan. Suatu saat, saya berkata ke Tuhan "Tuhan bulan 5 nanti genap sudah setahun saya menjadi pengangguran, mana janji kamu? Apakah saya harus menanggung malu dengan menjadi pengangguran selama setahun?".
Sampai suatu saat sebuah lagu mengingatkan saya untuk tetap yakin dan percaya kepada Dia. Saya harus bersabar untuk menunggu rancanganNya.  Lagu tersebut adalah "God Will Make A way" yang kata-katanya seperti ini:

God will make a way, (Tuhan akan membuka jalan)
where there seems to be no way; (Ketika terlihat tiada jalan)
He works in ways we cannot see, (Dia bekerja dalam rancangannya dan kita tidak bisa melihat)
He will make a way for me. (Dia akan membuka jalan buat saya)
He will be my guide, (Dia akan menjadi pembimbing saya)
hold me closely to His side; (memegang tanganku kuat kuat di samping Dia)
With love and strength for each new day, (dengan kasih dan kekuatan tiap hari yang baru)
He will make a way. He will make a way! (Dia akan membuka jalan. Dia akan membuka jalan)

Memang Janji Tuhan selalu indah pada waktunya. Tepat pada hari Ulang Tahun saya, Tuhan memberikan kado yang terindah buat saya, yaitu suatu kerjaan yang Dia janjikan. Dan ketika saya sudah mulai bekerja, saya baru menyadari mengapa saya harus tetap menunggu dan  selalu mencari kerajaan Dia. Karena dari semua itu, Tuhan mengajari saya untuk bisa menjadi berkat dan supaya tiap kali bekerja, saya selalu mengadalkan Tuhan.

Suatu pertanyaan yang selalu terlintas.. Apakah kita percaya bahwa Tuhan akan membuka jalan saat terlihat tidak ada jalan sama sekali?
Jawabannya adalah: Ya, Tuhan pasti membuka jalan. Dan tanamkanlah bahwa Tuhan bekerja dengan cara-Nya yang indah, yang terkadang tidak bisa kita lihat dan mengerti. Yakinlah, Janji Tuhan pasti akan indah pada waktunya.

Roma 15:13 
Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Tuhan Memberkati semuanya


CREATED BY
Al.Kira

1 comment:

  1. terimakasih sharing pengalamannya. saat ini, saya pun sedang mengalami apa yang pernah anda alami. saat ini saya sedang berdoa & berusaha mencari pekerjaan. sekarang sudah menginjak bulan yang ke-3. saya mulai putus asa, dan kadang mulai meragukan kasih dan janji Tuhan. dulu mencari pekerjaan demikian mudahnya. sekarang semua pintu seolah tertutup. mencoba mengevaluasi diri, apakah karena ini kesombonganku selama ini? mengandalkan kekuatan sendiri, dan mulai suam suam kuku cintaku kepada Tuhan Yesus. apakah Tuhan sedang mengujiku? (seperti kisah Ayub, aduh Tuhan janganlah sampai seperti itu). sedang labil pokoknya. Berusaha senantiasa bertaut dan berharap padaNYA (Mazmur 1:1-3; Mat: 7-7)

    ReplyDelete