Friday, December 9, 2011

Hidup Dengan Gaya Hidup Kerajaan Surga - Hari Ke 9 (Mengenal Nama Tuhan)

Dan Karena kepercayaan dalam Nama Yesus, maka Nama itu telah menguatkan orang yang kamu lihat dan kamu kenal ini; dan kepercayaan itu telah member kesembuhan kepada orang ini di depan kamu semua (Kisah Para Rasul 3:16)

Mengenali nama Tuhan adalah mengenali pribadi-Nya. Mengenali pribadi-Nya akan membuat kita menyadari betapa kita aman di tangan-Nya yang kuat. Allah menyatakan dir-Nya dengan berbagai nama dan semuanya menunjukan siapa dir-Nya sejatinya.

Nama Allah yang disebutkan dalam Alkitab seperti halnya sebuah peta dalam mempelajari karakter Allah. Karena Alkitab adalah Firman-Nya, maka nama Allah yang disebutkan bertujuan untuk menyatakan kepada kita sifat-sifat-Nya

Nama Allah mengandung janji yang sempurna. Ketika kita mengingat segala atribut yang terkandung dalam nama Allah seperti: Allah yang dekat, Allah yang mengampuni, Allah yang setia, Allah yang Dashyat, Allah keselamatanku, Allah beserta kita. Ini hanya sedikit contoh nama Allah dengan atribut-Nya yang disebutkan dalam Alkitab

Dalam Nama-Nya, Allah menyatakan siapa diri-Nya, kuasa-Nya, kekuatan-Nya, kedaulatan-Nya, kebesaran-Nya, kemuliaan-Nya, dan teruatama kasih-Nya yang kekal kepada kita

Pada awal Allah menciptakan alam semesta, Dia menyatakana diri-Nya dalam nama-Nya sebagai Allah yang berkuasa. Ketika Abraham berada di Gunung Moria hendak mempersembahkan Ishyak, Allah menyatakan diri-Nya sebagai YHVH Yireh (Allah yang menyediakan). Ketika Musa berperang melawan bani Amalek, Allah dinyatakan sebagai YHVH Nissi (Allah panji kemenangan). Dan ketika umat-Nya berada di tengah padang gurun, Dia berjanji untuk menjadi YHVH Rapha (Allah yang menyembuhkan)

Sebagai umat Allah, kita memiliki sebuah janji “Sebab, barang siapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan (Roma 10:13)

Dalam perjanjian Baru, atribut ilahi yang dinyatakan dalam perjanjian lama digenapi sempurna oleh Yesus Kristus. Yesus menyatakan diri-Nya sebagai “Aku adalah Aku”

Jesus said to them, “Most assuredly, I say to you before Abraham was, I am” (John 8:58 / Yohannes 8:58)

And God said unto Moses, I am That I am: and he said, Thus shalt thou say unto the children of Israel, I am hath send me unto you (Exodus 3:14 / Keluaran 3:14)

Jadi apapun yang kita alami saat ini, di dalam Nama Yesus, kita dapat meraih seluruh janji yang Allah nyatakan dalam nama-Nya. Yesuslah sang penyembuh. Sang panji kemenangan, sang damai sejahtera, Dialah Immanuel! Di dalam Yesuslah, kita memperoleh kegenanpan janji Allah.

Ayat renungan hari ini (Kisah Para Rasul 3:16) adalah kutipan perkataan Petrus ketika kesembuhan illahi terjadi kepada seorang yang lumpuh di bait Allah. Kuasa yang sama dalam nama-Nya juga bekerja bagi kita saat ini.

Nama Tuhan adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat (Amsal 18:10)

Heart:
Renungkanlah pernyataan nama Allah dalam firman-Nya sebagai Allah Maha Kuasa, Allah penyembuh, Allah yang dekat, Allah yang menyediakan. Apakah anda sudah mengenal Allahmu?

Head:
Pikirkan tentang atribut Allah, dan di antara segala atribut nama Allah, manakah yang paling berkesan bagimu?

Hand:Bagikan dengan teman teman di komunitas kecola anda tentang pengenalan anda akan Dia. Apakah anda mengalami Dia sebagai YHVH Rapha (Allah yang menyembuhkan), atau YHVH Jireh (Allah yang menydiakan) atau Allah yang kita tidak pernah meninggalkanmu? Bagikan pengalamanmu dengan Allah.



SHARED BY
Al.Kira

Source:
Kingdom Lifestyle

No comments:

Post a Comment