Tuesday, May 3, 2011

Bahan Saat Teduh 03May2011

“Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang." (Lukas 19:10)

Dari ayat ini kita belajar tentang kasih karunia, penerimaan tanpa syarat. Sesuatu yang sebenarnya kita tidak layak terima tetapi Tuhan berikan cuma-cuma. Kasih karunia Tuhan menerima orang berdosa tanpa syarat. Kasih karunia adalah Kemurahan Pengampunan tanpa syarat, tanpa timbal balik, tanpa menuntut balas. Kasih karunia penuh dengan Kasih dan Pemaaf.

Para pemungut cukai dibenci karena mereka sering menarik pajak lebih besar daripada yang seharusnya. Pajak hanya dikumpulkan dari wilayah-wilayah taklukan Romawi, dan tidak dikenakan kepada warga negaranya sendiri. Cara yang digunakan para pemungut cukai sangat kejam dan tidak adil. Berbagai makian mungkin diberikan kepada para pemungut cukai: pengkhianat bangsa (karena bekerja untuk Romawi), koruptor, lintah darat.

Ketika Zakheus mendengar berita bahwa Yesus mau datang Ke Yerikho maka ia mencoba segala cara untuk berjumpa Yesus. Ia tidak berpikir bahwa Yesus akan memintanya supaya bisa menumpang di rumahnya, karena ia sadar bahwa ia adalah seorang berdosa. Tetapi Tuhan justru datang untuk mencari dan menyelamatkannya.

“Kasih karunia berarti tidak ada yang bisa kita lakukan untuk membuat Allah lebih mengasihi kita, dan kasih karunia berarti tidak ada yang bisa kita lakukan hingga membuat-Nya mengurangi kasih-Nya kepada kita.”

Baca dan renungkanlah Lukas 19:1-10
1.Siapakah Zakheus? (ayat 2)

2.Besarkah hasrat Zakheus untuk mengenal Yesus, apa buktinya? (ayat 3-4)

3.Apakah Tuhan Yesus menolak Zakheus? (ayat 5)

4.Perubahan apakah yang terjadi dalam diri Zakheus? (ayat 8)

5.Apakah tindakan Tuhan terhadap orang berdosa? (ayat 9-10)


SHARED BY
Al.Kira


Source:
AOC - JAKARTA

No comments:

Post a Comment