Saturday, May 7, 2011

Bahan Saat Teduh 07May2011

“Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.” (Efesus 4:29)

Kata-kata kita sangatlah dahsyat, karena ia dapat membangun atau meruntuhkan, menghidupkan atau membunuh, memberi semangat atau memadamkan semangat. Kata-kata kita dapat mendatangkan kasih karunia atau mendatangkan kerusakan dan kehancuran. Kata-kata yang rusak tidak mendatangkan kasih karunia, tapi menghancurkan orang lain. Menurut Larry Crabb, kata-kata yang tidak membangun orang lain adalah:
1. Perkataan basa-basi
Kata-kata yang diucapkan untuk menyenangkan orang lain. Kata-kata yang diucapkan hanya untuk melindungi diri agar terlihat baik dan hebat.

2. Perkataan mematikan
Perkataan yang menghancurkan orang lain adalah kata-kata yang diucapkan dengan keterbukaan total, tanpa mempertimbangkan kesiapan orang lain yang mendengarkannya, atau kata-kata yang tajam yang menyakiti orang lain.

Mari, kita menghindari kata-kata yang tidak membangun. Sebaliknya, biarlah perkataan kita dapat membangun iman orang lain. Hal ini akan membuat mereka yang mendengarnya akan mendapatkan kasih karunia untuk memuliakan Allah, Bapa kita di Surga.

Baca dan renungkanlah Amsal 12:18-19; 18:21
1. Temukan 2 jenis perkataan pada Amsal 12:18!
Dengan apa mereka diibaratkan? Mana yang Anda pilih?

2. Siapakah yang menguasai hidup dan mati menurut Amsal 18:21?


SHARED BY
Al.Kira


Source:
AOC - JAKARTA

No comments:

Post a Comment